Testimoni

Sukses Bergantung dari Seberapa Besar Keinginan dan Kejelian Teman-Teman dalam Melihat dan Memanfaatkan Kesempatan

 Sekilas sharing perjalanan studi dan karir saya kepada teman-teman di UK Petra. Pada pertengahan tahun 2002 saya memutuskan untuk menempuh studi di jurusan Teknik Sipil UK Petra yang kemudian diteruskan ke jenjang berikutnya pada tahun 2007 dengan mengambil program Master Double Degree, kerjasama antara Pascasarjana UK Petra dengan Asian Institute of Technology – Thailand (PETRAIT). Major yang saya tekuni pada saat itu adalah Construction Management. Tahun 2007 – 2008 merupakan tahun kenangan bagi saya yang mungkin tidak akan pernah saya lupakan. Banyak pengalaman berharga yang saya dapat selama menempuh studi S2 yang berperan besar dalam merubah pandangan hidup dan pribadi saya. Disisi pendidikan, kedua universitas membiasakan mahasiswanya untuk selalu melihat masalah dari sudut pandang yang luas,  memahaminya sebagai suatu mekanisme yang saling bertautan dan untuk selalu berpikir ‘out-of-box’. Disisi pergaulan, saya mengenal banyak teman dan rekan yang berbeda bahasa, suku, ras, dan budaya baik dari Indonesia sendiri maupun luar negeri yang tentunya sangat berguna dalam membangun network dan relasi. Tidak sedikit diantara mereka adalah orang-orang yang berpengaruh di dunia bisnis, edukasi, hingga politik.

 Atas kuasa Tuhan Yang Maha Esa dan dukungan moral dari keluarga dan teman-teman, pada Desember 2008 saya memperoleh gelar M.Eng dan M.T dengan hasil yang cukup memuaskan (GPA 3.91 saya peroleh dari AIT dan IPK 3.94 dari S2 UK Petra). Disamping itu, kepuasan tersendiri justru saya peroleh dari hasil menulis Thesis saya yang berjudul: “Safety Rules and Procedures Development and Implementation: Case Study on Construction Industries in Thailand” dimana hasil kerja selama 10 bulan lebih akhirnya memperoleh nilai Excellent dan mendapat publikasi di internet melalui acara ICAB 2008 ketika saya diberi kesempatan untuk mempresentasikan paper saya. Tidak lama setelah saya lulus dan berlibur sejenak di Surabaya, saya memperoleh pekerjaan sebagai Site Engineer (A&S/QC) di perusahaan konsultan Project Management di Thailand. Hal ini dikarenakan reputasi AIT yang cukup dikenal. Saat ini, saya memulai karir yang baru sebagai Assistant Project Manager di suatu perusahaan konsultan Property dan Project Management di Jakarta.

Pesan saya bagi teman-teman adalah belajarlah untuk melihat dunia dalam konteks yang lebih luas. Kesempatan ada dimana-mana, hanya saja kita tidak mengetahuinya karena tidak memiliki kemampuan untuk melihatnya. Sering kita mengambil jalur yang ditempuh oleh orang banyak karena menganggap itu sebagai jalur yang aman ataupun karena kita tidak tahu jalur mana yang harus kita lalui. Niche dan Blue Chip Ocean Market ada namun tidak banyak orang melihat dan mengetahui bagaimana cara mengaksesnya dan memilih untuk terjun ke Red Ocean Zone. Bagi teman-teman yang sedang bimbang dalam menentukan pilihan studi, program PETRAIT bisa menjadi batu loncatan bagi keberhasilan teman-teman sekalian, bergantung pada bagaimana teman-teman dapat memanfaatkan kesempatan yang ada.

Andreas Adihartanto (Civil 2002)