Sejarah

 

 

Program Studi Teknik SIpil (Program Strata 1) Universitas Kristen Petra didirikan pada tahun 1962. Dalam perkembangannya program studi ini telah memperoleh status TERAKREDITASI dengan predikat “A” pada tahun 1998 dan 2003 dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sejalan dengan hal tersebut eksistensi program studi ini juga mendapat pengakuan dari masyarakat melalui kiprah alumni di dunia industri jasa konstruksi, instansi pemerintah dan asosiasi profesi di dalam dan di luar negeri.

Dengan semakin jelasnya tantangan industri konstruksi seiring dengan bertambahnya jumlah proyek konstruksi berikut kompleksitasnya baik dibidang teknik maupun manajerial, maka peningkatan pendidikan yang lebih tinggi senantiasa menjadi tuntutan masyarakat dalam menghadapi tantangan era global. Isu ini yang kemudian mendasari dipilihnya “Take the Challenge of the Future” menjadi moto pembentukan program studi magister teknik sipil.

Pada tahun 1996 program studi Teknik Sipil mengembangkan pendidikan berjenjang dengan membuka Program Studi Magister Teknik Sipil yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 486/DIKTI/Kep/1995. Program ini dirancang untuk menyediakan pendidikan pascasarjana berkualitas akademik dan professional dengan tujuan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan kesempatan berkarier sebagai manajer proyek yang kompeten. Program ini telah terakreditasi ulang dari Badan Akreditasi Nasional dengan SK No. 966/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2015 dengan peringkat B.