profil

Link Video Profile : https://www.youtube.com/watch?v=QERskxL-Sxc

Semakin besarnya tantangan industri konstruksi seiring dengan semakin bertambahnya jumlah proyek berikut kompleksitasnya, menuntut peningkatan pendidikan Teknik Sipil yang lebih tinggi bagi para praktisi/ profesional di dunia konstruksi.

Menghadapi tantangan era global, Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra yang telah didirikan sejak tahun 1962, mengembangkan pendidikan berjenjang dengan membuka Program Studi Magister Teknik Sipil pada 1995. Sebagai salah satu bukti kualitas Program Magister Teknik Sipil ini adalah pernah diperolehnya predikat UNGGUL dari Badan Akreditasi Nasional pada tahun 2000 yang sampai saat ini masih memegang peringkat terbaik diantara Program Magister Teknik Sipil Universitas Swasta di Indonesia.

 

PENGEMBANGAN KURIKULUM
Pada awal berdirinya hanya bidang studi Manajemen Konstruksi, kini Magister Teknik Sipil telah memperluas bidang studinya dengan menambah dua bidang studi baru yaitu Rekayasa Struktur dan Rekayasa Geoteknik. Pengembangan bidang studi ini diharapkan memenuhi profesional untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan teknik sipil yang terintegrasi, baik dari aspek teknik, manajerial maupun perubahan-perubahan yang terjadi.

 

Manajemen Konstruksi, di sini diarahkan menjadi manajer proyek profesional yang mampu mengelola berbagai aspek dalam suatu proyek serta mampu mengambil keputusan yang tepat. Salah satu mata kuliah yang ditawarkan adalah HVAC (Heating, Ventilating and Air Condition) & Building Services Systems.

 

Struktur, guna memperoleh pengetahuan teknik desain dan analisis bangunan tinggi tahan gempa. Forensic Engineering, Structural Evaluation, and Retrofitting of Structures merupakan salah satu mata kuliah spesifisik yang dapat melengkapi pemahaman teknik retrofit dan pemeliharaan bangunan yang sudah dipakai serta teknik forensik untuk menyelidiki kasus yang menimpa pada suatu bangunan (misal akibat kebakaran, gempa).

 

Geoteknik, merupakan program yang akan mempelajari secara lebih mendalam teknik tanah yang meliputi karakter, kekuatan, kestabilan, dan instrumentasi. Mahasiswa juga dikenalkan pada Soil Dynamic dan Geoenvironmental, yang merupakan mata kuliah khusus, misalnya pengelolaan tanah yang ramah lingkungan.


Ada 3 program yang ditawarkan yaitu:

- Program Reguler,

- Dual Masters’ Degree dan

- Program Profesional (Non-Gelar).

Sampai saat ini sudah terdapat 225 alumni program Reguler yang bergelar Magister Teknik bekerja sesuai profesinya baik di dalam maupun di luar negeri.
“Dual Master's Degree”


Penyusunan kurikulum dilakukan dengan benchmarking pada beberapa universitas bertaraf internasional antara lain Illinois Institute of Technology (Chicago-USA), dan Asian Institute of Technology (AIT-Bangkok).


Program kerja sama dengan AIT membuka kesempatan untuk mengikuti program dual master’s degree teknik sipil di Petra dan AIT (PETRAIT). Melalui PETRAIT peserta diarahkan memiliki wawasan dan pengalaman internasional (think globally act locally). Kini ada 17 alumni bergelar Magister Teknik dan Master of Engineering dengan berbagai profesi  dimancanegara.


Selain program Reguler dan PETRAIT, dibuka kesempatan bagi para praktisi untuk meningkatkan profesionalismenya melalui program Non-Gelar “Sertifikat”.
UK Petra juga memberikan beasiswa sebagai wujud kepedulian di bidang pendidikan, salah satunya adalah beasiswa khusus bagi para akademisi di kawasan Indonesia Timur.


Kesempatan bergabung dengan Program Studi Magister Teknik Sipil UK Petra terbuka bagi lulusan S1 Teknik Sipil untuk bidang studi Struktur dan Geoteknik dan lulusan S1 Teknik untuk bidang studi Manajemen Konstruksi.
Sebagai Universitas berbasis teknologi dan informasi menyediakan fasilitas kepada mahasiswa untuk mengakses pusat-pusat informasi di dunia melalui layanan jaringan internet yang mendukung mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan secara mandiri. Selain itu fasilitas perpustakaan pada website memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk memperoleh layanan tanpa hadir di perpustakaan.


Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan 1 tahun 2 kali yaitu Januari dan Juli, yang perkuliahannya diadakan pada malam hari, Senin-Jumat, pukul 18.00-21.00 sehingga memberi peluang bagi yang bekerja di pagi hari untuk mengikuti perkuliahan pada malam hari. Ruang kegiatan belajar mengajar dilengkapi dengan penyejuk ruangan, makan malam dan media pembelajaran mutakhir..

 

VISI & MISI PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER TEKNIK SIPIL

Visi
Menjadi  program studi teknik sipil jenjang S2 yang didasari nilai-nilai Kristiani berperan aktif membentuk sumber daya manusia sehingga memiliki landasan keilmuan teknik sipil  yang kokoh dan handal, mandiri, peduli serta mampu berkiprah dalam pembangunan di tingkat regional maupun global.
 
Misi
Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan keilmuan teknik sipil, mandiri, peduli serta profesional dalam industri konstruksi, teknologi bangunan, dan bisnis properti dengan berlandaskan nilai-nilai Kristiani.
 
Tujuan
Untuk mencapai sasaran sebagaimana telah dijabarkan di atas, maka tujuan PS adalah:
1.   Membekali peserta program dengan ilmu pengetahuan teknik sipil yang terpadu khususnya dalam bidangstudi   manajemen konstruksi, struktur, dan geoteknik, agar lulusan mampu mengimplementasikan bekal ilmunya dalam menghadapi problem nyata di dunia industri konstruksi.
2.   Membekali peserta program studi dengan kemampuan mengantisipasi tantangan dan perkembangan dunia industri konstruksi, serta menyiapkan SDM yang berkualitas, handal, dan tanggap.

Sasaran
Menciptakan lulusan dengan kriteria sebagai berikut:
1.   Memiliki integritas tinggi sesuai dengan nilai-nilai Kristiani.
2.   Mampu bekerja sama dengan orang lain.
3.   Mampu menyampaikan idenya dalam bentuk presentasi dan komunikasi yang baik.
4.   Mampu bekerja secara profesional dan berwawasan lingkungan.
5.   Mampu bekerja secara mandiri.
6.   Mampu mengelola proyek dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja.

Mahasiswa yang belajar pada program studi Magister Teknik Sipil akan menempuh perkuliahan selama 4 semester dan melakukan penelitian tesis mandiri selama 2 semester dengan bimbingan sebagai syarat untuk mendapatkan gelar “Magister Teknik” (M.T). Dalam menempuh perkuliahan akan diajarkan materi-materi yang berkaitan dengan pengutamaan yang dipilih dalam bidang teknik sipil. Tugas-tugas yang diberikan harus dikerjakan dalam bentuk tugas individu, kelompok dengan cara tertulis dan presentasi.